Friday, 5 March 2010

Week 4

Week 4

Pada minggu ke empat mata kuliah OOP saya mempelajari cukup banyak bahan. yang cukup menarik pada minggu ini adalah bahwa minggu ini adalah pertama kalinya saya menggunakan program Netbeans. Netbeans adalah sebuah program editor yang berbasis open source. Menurut saya netbeans cukup mudah digunakan karena telah terdapat banyak shortcut java dan menurut pengalaman saya sangat mirip dengan penggunaan dreamweaver yang merupakan editor HTML. Netbeans dapat di download di http://netbeans.org/downloads/index.html

Materi OOP pertama minggu ini adalah tentang Constructor. Apa itu konstruktor?

* syntax constructor tidak mengembalikan nilai
* constructor bisa memiliki parameter

Sebenarnya saya sendiri masih kurang paham. tapi kira2 definisi diatas adalah yang saya tangkap.

File java yang minggu ini Pak Alfon memberikan 3 file java untuk di pelajari:

* Account.java
* TrxRunner.java
* ExPassByReff.java

private double balance;
private String ownerName;
private int accNumber;

pada kodingan diatas private berarti variable hanya untuk lokal dan tidak bisa diakses oleh class lain.

public Account

sedangkan kodingan diatas bisa diakses oleh kelas lain.

new TrxRunner().swapBalance(acct1, acct2);

kodingan diatas berfungsi untuk menukar nilai dari acct1 dan acct2. Swap memerlukan variable lain untuk menyimpan data sementara.

Account.java

Dibawah adalah kodingan final dari Account.java yang telah saya beri beberapa komen penjelas.

public class Account{

private double balance;
private String ownerName;
private int accNumber;
/*Custom constructor*/
public Account(int newAccNumber, String newOwnerName, double newBalance)/*generated automatically */{
setData(newAccNumber, newOwnerName,newBalance);
}

public void print(){
System.out.println("[" + accNumber +" "+ ownerName +"]"+balance);
}

public void setBalance(double newBalance){
balance=newBalance;
}
public void setOwnerName(String newOwnerName){
ownerName = newOwnerName;
}
public void setAccNumber(int newAccNumber){
accNumber = newAccNumber;
}

public void setData(int newAccNumber, String newOwnerName, double newBalance){
setAccNumber(newAccNumber);
setOwnerName(newOwnerName);
setBalance(newBalance);
}
}

TrxRunner.java

Dibawah adalah kodingan final dari file TrxRunner.java dan sudah saya coba jelaskan dengan beberapa komen.

public class TrxRunner{

//Swap(menukar) balance of two accounts
//this is scope tempBalance
public void swapBalance(Account vice, Account versa){
double tempBalance = vice.getBalance();
vice.setBalance(versa.getBalance());
versa.setBalance(tempBalance);
}

public static void main(String[] args){
//declaration & initialization
Account acct1=new Account(10001,"Stone Giant",0.);
Account acct2= new Account(10002, "Windrunner",100.);

//debug print
acct1.print();
acct2.print();

//swap the balance
new TrxRunner().swapBalance(acct1, acct2);

//debug print
acct1.print();
acct2.print();
}
}

ExPassByRef.java

Dan dibawah adalah kodingan dari ExPassByRef.java.

public class ExPassByRef{

public void modify(int a, Account acct){
a+=10;
acct.setOwnerName("Windrunner");
}

public static void main(String[]args){
int x=0;
Account acct1= new Account(10001,"Stone Giant",0.);

System.out.println("x= "+x);
acct1.print();

new ExPassByRef().modify(x, acct1);

System.out.println("X= " +x);
acct1.print();
}
}
Setelah kelas dari pak Alfon berakhir giliran para asdos yang memberikan soal2 latihan, yang menurut saya cukup susah.

Pada saat di kelas Ko Ridho sempat memberikan beberapa tips untuk saya dalam belajar java.

1. Belajar mengetik cepat
Menurut Ko Ridho dengan kemampuan mengetik cepat akan sangat membantu menuliskan kodingan dan mencatat apa apa yang dijelaskan. Ko Ridho pun memberikan referensi sebuah game untuk belajar mengetik cepat yaitu Typer Shark.

2. Latihan soal yang banyak dan mengerti
Ko Ridho menyarankan untuk menulis sebuah kodingan program sebanyak 400x!! Saran yang menurut saya sedikit “gila”. Tapi mungkin yang dimaksud Ko Ridho adalah agar mengerti dan terbiasa dengan bahasa java. Ko Ridho juga menyarankan untuk membuat soal2 sendiri kemudian dibuat kodingannya dengan java.

Special thank’s to Ko Ridho untuk tips2 diatas.

Akhirnya kelas pun ditutup dengan pengumuman untuk membaca materi yang ada di moodle, yang menurut saya berarti akan ada pre test pada minggu depan.

No comments:

Post a Comment